Powered By Blogger

Senin, 11 Februari 2013

Darah.pendarahan pada ginjal.
     * Air rebusan batangnya bratawali berkhasiat membersihkan ginjal, sekalian dapat mencegah terjadinya            
         pendarahan pada ginjal.
Darah.pendarahan sesudah bersalin.
      * Menurut ilmu pengobatan jawa kuno, wanita yang melahirkan harus makan pisang hijau, untuk mencegah terjadinya pendarahan sesudah bersalin.
      * Obat lain untuk mencegah terjadinya pendarahan ,menurut ilmu itu pula , kita dapat menggunakan air sarinya ketan hitam yang di bakar untuk diminum.
      * Untuk mencegah terjadinya pendarahan sesudah bersalin atau berulang kali mendapat kain kotor dalam jarak waktu yang singkat ,kita dapat menggunakan daun dadap srep sebagai tapal pada perut. kita lembutkan daun itu, kemudian tapalkan pada perut dengan gurita sebagai penahannya.
      Sebagai obat dalam, ambillah 3 lembardaun sarap, adas secukupnya dan sepotong pulasari. tumbuklah ketiganya halus-halus, kemudian tuangkanlah air biasa sebanyak 1 gelas kecil ke dalam nya. setelah disaring, berikanlah ramuan itu kepada si penderita untuk diminum.
     Pada pendarahan sesudah bersalin, kita gunakan lavement ( penyemprotan usus) dengan susu segar yang telah dimasak, kira-kira seperempat liter sekali
Datang bulan.
     * Wanita yang posisinya tidak normal, maka menstruasinya pun berhanti. dan pada umumnya, kaki dan tangannya lalu bengkak, bahkan kadang-kadang mukanya juga bengkak. pada gadis-gadis muda, mukanya sering nampak biru keungu-unguan. sepintas lalu nampak seperti busung air. obatnya adalah sebagai di bawah ini.
      Ambillah 7 atau 9 lembar daun blustru, adas dan pulasari secukupnya. tumbuklah ketiga bahan itu menjadi satu, kemudihan bubuhkanlah air biasa sebanyak 1 gelas kecil sesudah di saring, berikanlah kepada si penderita untuk diminum sebelum makan. kita ulangi pengobatan ini beberapa kali, sehingga nampak hasilnya. kalau dianggap perlu, ulangilah sampai 14 hari berturut-turut .
selai dapat diminum secara mentah, boleh juga diminum sesudah dimasak. namun yang sudah dimasak agak berkurang khasiatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar